GPS Sepeda Pertama dengan Tenaga Surya | Spesifikasi Garmin Edge 1040

Setelah sukses memboyong produk smartwatch terbarunya Forerunner 255 dan 955, Garmin kembali mengeluarkan produk baru dan dipasarkan di Indonesia. Kali ini adalah GPS sepeda Garmin Edge 1040 yang disebut-sebut sebagai GPS pertama yang menggunakan fitur tenaga surya untuk bersepeda.

Kehadirannya pun jadi perbincangan di kalangan pesepeda di tanah air. Seperti apakah spesifikasi Garmin Edge 1040 beserta harganya? Simak ulasannya yang dirangkum oleh tim Doran Gadget ini sampai akhir.

Fitur Garmin Edge 1040

Selain spesifikasi Garmin Edge 1040 yang cukup unggul, ada juga berbagai fitur pilihan dengan berbagai pembaruan. Tak hanya fitur pengisian daya menggunakan tenaga matahari saja, Garmin menyematkan fitur terbaiknya untuk kenyamanan bersepeda secara outdoor di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengisian daya menggunakan lensa Power Glass, dimana dapat memperpanjang ketahanan baterai hingga 100 jam untuk mode hemat. Lalu, ada tambahan 42 menit per jam saat digunakan berkendara siang hari.
  • Inovasi dan penggunaan teknologi GNSS multiband membuat akurasi lebih baik. Termasuk ketika pengguna berada di kondisi dan lingkungan yang menantang sekalipun.
  • Real-time Stamina Insight yang bisa digunakan untuk memantau dan melacak aktivitas serta kondisi tubuh selama berolahraga dan perjalanan menggunakan sepeda.
  • Cycling Ability 2, dimana fitur ini dapat mengklasifikasikan kekuatan dan juga kelemahan pengendara sepeda. Termasuk fokus untuk peningkatan dan persiapan rute tertentu.
  • Power Guide yang bisa digunakan Power Target dan memudahkan dalam melakukan pengelolaan Effort sepanjang rute bersepeda.
  • Terdapat beberapa fitur pemantau kesehatan lainnya seperti Nutrition and Hydration Alert dan lainnya.

Untuk harga Garmin Edge 1040 Solar dibanderol sebesar 749.99US$ atau sekitar Rp11 jutaan. Sedangkan versi standar mengutip dari laman resminya adalah 599.99US$ atau sekitar Rp8 jutaan. Namun, harga tersebut bisa saja berubah untuk pasaran di Indonesia. Hal itu dikarenakan adanya pajak barang impor dan kebijakan lainnya, sehingga berpengaruh pada harga yang dijual oleh distributor resminya nanti.

Uji Ketahanan Garmin Edge 1040 Hingga 3.000 Kilometer

GPS Sepeda Terbaik (1)

Demi menguji ketahanan GPS sepeda ini, Garmin menggelar tantangan bersepeda hingga 3.000 kilometer. Tantangan yang bertajuk ‘Powered by The Sun Mission’ tersebut  dilakukan oleh pesepeda Rizkiaji Primastomo. Perjalanan membuktikan ketangguhan Garmin Edge 1040 dimulai dengan rute Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya – Banyuwangi – Tulungagung. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Yogyakarta – Cilacap – Chihara – Tjiteureup – Cilegon. Dari Cilegon perjalanan kembali ke Jakarta.

Mengutip dari IDN Times, perjalanan dimulai pada 4 Agustus 2022 hingga 17 Agustus 2022 dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Adapun ketangguhan yang diuji dari misi ini adalah ketahanan baterai Cyclo Comp. Perjalanan juga memiliki Elevation Gain dengan total 23.000m.

Penutup

Itu dia Sobat Gunapris Elcom spesifikasi Garmin Edge 1040 yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika GPS sepeda ini dapat diandalkan untuk berbagai kondisi. Terutama saat bersepeda outdoor maupun jarak jauh.

Sumber : Dorangadget.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Open chat
1
Scan the code
Halo,
Kami siap membantu Anda :)