Garmin Etrex: GPS Handheld yang Praktis, Akurat, dan Handal untuk Kegiatan Outdoor

Jika Anda suka berpetualang di alam liar, Anda pasti membutuhkan alat navigasi yang dapat diandalkan untuk menunjukkan arah dan posisi Anda. Salah satu alat navigasi yang populer di kalangan pecinta outdoor adalah garmin etrex. Garmin etrex adalah seri GPS handheld yang dirancang khusus untuk kegiatan outdoor seperti hiking, camping, geocaching, bersepeda, berburu, dan lain-lain.

Keunggulan Garmin Etrex

Garmin etrex memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan favorit para petualang, yaitu:

  • Praktis. Garmin etrex memiliki ukuran yang kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa dan disimpan di saku atau tas. Garmin etrex juga memiliki layar monokrom 2,2 inci yang dapat dibaca dengan jelas di bawah sinar matahari. Garmin etrex dapat beroperasi dengan menggunakan dua baterai AA yang dapat bertahan hingga 25 jam dalam mode normal atau hingga 300 jam dalam mode ekspedisi. Garmin etrex juga tahan air, debu, dan benturan, sehingga dapat digunakan dalam berbagai kondisi cuaca dan medan.
  • Akurat. Garmin etrex adalah unit penerima GPS tingkat konsumen pertama di dunia yang dapat melacak satelit GPS dan GLONASS secara bersamaan[^2^][2]. GLONASS adalah sistem navigasi satelit global yang dikembangkan oleh Rusia sebagai alternatif dari GPS. Dengan menggunakan satelit GLONASS, waktu yang diperlukan garmin etrex untuk mengunci posisi (on average) sekitar 20 persen lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan GPS saja. Selain itu, garmin etrex juga dilengkapi dengan fitur HotFix® yang dapat memprediksi posisi satelit sehingga dapat mempertahankan lokasi GPS meskipun Anda berada di hutan lebat atau ngarai dalam.
  • Handal. Garmin etrex memiliki fitur-fitur yang mendukung kegiatan outdoor Anda, seperti peta dasar dunia yang menampilkan batas negara dan kota besar, kompas elektronik yang menunjukkan arah tujuan Anda, altimeter barometrik yang mengukur ketinggian dan perubahan cuaca, dan geocaching tanpa kertas yang memungkinkan Anda mengunduh informasi geocache langsung ke garmin etrex tanpa perlu mencetaknya. Garmin etrex juga kompatibel dengan perangkat lunak BaseCamp™ yang dapat digunakan untuk melihat dan mengatur peta, titik acuan, rute, dan jalur di komputer Anda. Anda juga dapat mentransfer citra satelit ke garmin etrex dengan menggunakan langganan BirdsEye Satellite Imagery.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Jam Tangan Garmin GPS Terbaik 2023

Seri Garmin Etrex yang Patut Untuk Dimiliki

Berikut adalah seri Garmin Etrex yang patut jadi pertimbangan untuk dimiliki:

  • Garmin eTrex 10 SEA. Ini adalah seri GPS handheld yang paling terjangkau dengan harga sekitar Rp1,7 jutaan. Seri ini memiliki layar monokrom 2,2 inci, baterai yang tahan hingga 25 jam, dan ketahanan terhadap air, debu, dan benturan. Seri ini juga mendukung geocaching tanpa kertas dan dapat melacak satelit GPS dan GLONASS.
  • Garmin eTrex 20x. Ini adalah seri GPS handheld yang merupakan versi penyempurnaan dari eTrex 20. Seri ini memiliki layar warna 2,2 inci dengan resolusi lebih tinggi, memori internal 3,7 GB, dan slot kartu microSD. Seri ini juga tahan air, debu, dan benturan, dan dapat melacak satelit GPS dan GLONASS. Seri ini juga mendukung geocaching tanpa kertas, peta TopoActive, dan citra satelit BirdsEye. Harga seri ini sekitar Rp3,7 jutaan.
  • Garmin eTrex 30x. Ini adalah seri GPS handheld yang merupakan versi penyempurnaan dari eTrex 30. Seri ini memiliki layar warna 2,2 inci dengan resolusi lebih tinggi, memori internal 3,7 GB, dan slot kartu microSD. Seri ini juga tahan air, debu, dan benturan, dan dapat melacak satelit GPS dan GLONASS. Seri ini juga mendukung geocaching tanpa kertas, peta TopoActive, dan citra satelit BirdsEye. Selain itu, seri ini juga dilengkapi dengan kompas elektronik 3-sumbu dan altimeter barometrik². Harga seri ini sekitar Rp4,8 jutaan.
  • Garmin eTrex Touch 35. Ini adalah seri GPS handheld yang menggunakan layar sentuh 2,6 inci yang mudah digunakan. Seri ini memiliki memori internal 8 GB dan slot kartu microSD. Seri ini juga tahan air, debu, dan benturan, dan dapat melacak satelit GPS dan GLONASS. Seri ini juga mendukung geocaching tanpa kertas, peta TopoActive, citra satelit BirdsEye, dan fitur smart notification. Harga seri ini sekitar Rp6 jutaan.
  • Garmin eTrex 22x. Ini adalah seri GPS handheld terbaru yang diluncurkan pada tahun 2023. Seri ini memiliki layar warna 2,2 inci yang dapat dibaca di bawah sinar matahari, memori internal 8 GB, dan slot kartu microSD. Seri ini juga tahan air, debu, dan benturan, dan dapat melacak satelit GPS dan GLONASS. Seri ini juga mendukung geocaching tanpa kertas, peta TopoActive dunia yang menampilkan batas negara dan kota besar. Harga seri ini sekitar Rp4 jutaan.

Kesimpulan

Garmin etrex adalah GPS handheld yang praktis, akurat, dan handal untuk kegiatan outdoor Anda. Garmin etrex memiliki ukuran yang kecil dan ringan, layar monokrom yang jelas, baterai yang tahan lama, ketahanan terhadap air, debu, dan benturan, kemampuan melacak satelit GPS dan GLONASS secara bersamaan, fitur HotFix® untuk mempertahankan lokasi GPS, peta dasar dunia, kompas elektronik, altimeter barometrik, geocaching tanpa kertas, kompatibilitas dengan perangkat lunak BaseCamp™, dan akses ke citra satelit dengan langganan BirdsEye Satellite Imagery. Dengan garmin etrex, Anda dapat menjelajahi alam liar dengan lebih mudah dan aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Open chat
1
Scan the code
Halo,
Kami siap membantu Anda :)