Cara Penggunaan Garmin Striker Vivid 5cv Bagi pemula
Cara Penggunaan Garmin Striker Vivid 5cv Bagi pemula

Garmin Striker Vivid 5cv adalah salah satu produk fishfinder yang dirancang untuk kegiatan memancing di laut atau danau. Fishfinder ini memiliki fitur-fitur unggulan seperti layar warna WVGA 5 inci, penerima GPS dan GLONASS sensitivitas tinggi, sonar tradisional CHIRP Garmin dan sonar pemindaian CHIRP ClearVü, penandaan titik arah, dan Quickdraw Contours. Fishfinder ini juga disertai dengan transduser GT20-TM yang kompatibel dengan sonar tradisional dan ClearVü.

Namun, bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan fishfinder ini, mungkin Anda akan merasa bingung bagaimana cara mengoperasikannya. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan singkat dan mudah tentang cara penggunaan Garmin Striker Vivid 5cv bagi pemula. Simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Penggunaan Garmin Striker Vivid 5cv

Langkah 1: Menyiapkan Baterai

Sebelum Anda menggunakan fishfinder ini, pastikan Anda sudah menyiapkan baterai 12 V yang dipasang pada bagian belakang fishfinder. Anda juga dapat menggunakan baterai portabel yang disediakan oleh Garmin. Jika Anda menggunakan baterai portabel, Anda harus mengisi ulangnya terlebih dahulu dengan menggunakan kabel USB yang tersedia. Jangan mencoba mengisi ulang baterai yang tidak disediakan oleh Garmin karena dapat merusak perangkat dan menghapus garansi.

Langkah 2: Menyalakan dan Mematikan Fishfinder

Untuk menyalakan fishfinder, tekan tombol POWER yang berada di bagian kanan atas fishfinder. Untuk mematikan fishfinder, tekan dan tahan tombol POWER sampai muncul pesan “Power Off Device?”. Pilih Yes untuk mematikan fishfinder.

Langkah 3: Menentukan Posisi

Setelah Anda menyalakan fishfinder, Anda harus menentukan posisi Anda saat ini. Pastikan Anda berada di area yang luas dan terbuka, tanpa halangan seperti gedung atau pepohonan. Tunggu sampai fishfinder menangkap sinyal satelit dan menampilkan ikon satelit di pojok kanan atas layar. Jika ikon satelit berwarna hijau, berarti fishfinder sudah menentukan posisi Anda dengan akurat. Jika ikon satelit berwarna merah, berarti fishfinder belum menentukan posisi Anda atau posisi Anda tidak akurat. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang sinyal satelit dengan menekan tombol PAGE sampai muncul halaman Satellite.

Langkah 4: Mengatur Profil dan Pengaturan

Fishfinder ini memiliki beberapa profil yang dapat Anda pilih sesuai dengan kegiatan Anda, seperti Automotive, Marine, Recreation, dan Geocaching. Anda dapat mengubah profil dengan menekan tombol MENU dua kali, lalu pilih Change Profile. Pilih profil yang Anda inginkan, lalu tekan ENTER. Anda juga dapat mengatur pengaturan lainnya seperti bahasa, waktu, format koordinat, dan lain-lain dengan menekan tombol MENU dua kali, lalu pilih Setup. Pilih kategori pengaturan yang Anda inginkan, lalu tekan ENTER. Ubah pengaturan sesuai kebutuhan Anda, lalu tekan BACK untuk kembali ke halaman sebelumnya.

Baca Juga: Cara Penggunaan GPS Garmin 66s Bagi Pemula

Langkah 5: Menggunakan Fitur Memancing

Fishfinder ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan kegiatan memancing, seperti:

  • Sonar yang jelas dan penuh warna: Anda dapat memilih dari 7 opsi warna jelas yang baru untuk melihat ikan dan struktur dengan kontras dan kejernihan maksimal pada layar fishfinder Anda. Anda dapat mengubah warna sonar dengan menekan tombol MENU, lalu pilih Sonar Color Palette. Pilih warna yang Anda inginkan, lalu tekan ENTER.
  • Sonar tradisional dan ClearVü: Fishfinder ini mendukung dua jenis sonar, yaitu sonar tradisional CHIRP Garmin dan sonar pemindaian CHIRP ClearVü. Sonar tradisional menampilkan gambar ikan, kedalaman, dan kontur dasar air, sedangkan sonar ClearVü menampilkan gambar struktur bawah air dengan detail tinggi seperti tumbuhan, batu, dan kayu[^2^][2]. Anda dapat melihat sonar tradisional dan ClearVü secara bersamaan dengan menekan tombol PAGE sampai muncul halaman Split Frequency. Anda juga dapat melihat sonar ClearVü secara terpisah dengan menekan tombol PAGE sampai muncul halaman ClearVü.
  • Penandaan titik arah: Untuk menangkap lebih banyak ikan, Anda harus mengetahui di mana ikan itu memakan umpan. Anda dapat menandai lokasi ikan atau struktur dengan menggunakan fitur penandaan titik arah. Anda dapat menandai titik arah dengan menekan tombol MARK, lalu pilih Add Waypoint. Anda dapat memberi nama, simbol, dan koordinat titik arah, serta menambahkan catatan atau foto. Anda dapat melihat daftar titik arah Anda dengan menekan tombol FIND, lalu pilih Waypoints. Anda juga dapat mengedit, menghapus, atau membagikan titik arah Anda dengan perangkat lain.
  • Quickdraw Contours: Anda dapat membuat peta kontur bawah air yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda dengan menggunakan fitur Quickdraw Contours. Anda dapat menyimpan hingga 2 juta hektar peta dengan kontur 1 kaki. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol MENU, lalu pilih Quickdraw Contours > Start Recording. Anda dapat berlayar atau bergerak di sekitar area yang ingin Anda peta, lalu tekan tombol MENU, pilih Quickdraw Contours > Stop Recording. Anda dapat melihat peta yang telah Anda buat dengan menekan tombol PAGE sampai muncul halaman Quickdraw Contours.

Kesimpulan

Demikianlah panduan singkat dan mudah tentang cara penggunaan Garmin Striker Vivid 5cv bagi pemula. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan fishfinder ini dengan mudah dan efektif untuk kegiatan memancing Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Open chat
1
Scan the code
Halo,
Kami siap membantu Anda :)