Cara Penggunaan Garmin GPSMAP 1233xcv Bagi Pemula
Cara Penggunaan Garmin GPSMAP 1233xcv Bagi Pemula

Garmin GPSMAP 1233xcv adalah salah satu produk GPS chartplotter yang ditawarkan oleh Garmin, perusahaan yang terkenal dengan produk-produk navigasi berkualitas. GPS chartplotter ini memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membantu Anda dalam berbagai aktivitas di laut, seperti berlayar, memancing, atau menjelajah. GPS chartplotter ini juga dilengkapi dengan sonar tradisional, sonar CHIRP, dan sonar pemindai CHIRP ClearVü yang dapat menghasilkan gambaran yang jelas dan detail tentang apa yang ada di bawah perahu Anda.

Namun, sebelum Anda dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh GPS chartplotter ini, Anda perlu mengetahui cara penggunaan Garmin GPSMAP 1233xcv dengan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk menggunakan GPS chartplotter ini secara optimal.

Cara Penggunaan Garmin GPSMAP 1233xcv

1. Memasang dan Menghubungkan GPS Chartplotter

GPS chartplotter Garmin GPSMAP 1233xcv terdiri dari dua bagian utama, yaitu layar dan unit dasar. Anda perlu memasang dan menghubungkan kedua bagian ini dengan benar agar GPS chartplotter dapat berfungsi dengan baik.

  • Untuk memasang layar, Anda perlu menempelkan braket layar pada tempat yang mudah dilihat dan dioperasikan. Anda dapat menggunakan baut, sekrup, atau perekat yang sesuai untuk menempelkan braket. Pastikan Anda memasang braket dengan arah yang benar, yaitu dengan lubang pengait di bagian atas. Setelah itu, Anda dapat meletakkan layar pada braket dan mengaitkannya dengan lubang pengait.
  • Untuk memasang unit dasar, Anda perlu menempatkan unit dasar pada tempat yang kering, bersih, dan terlindung dari panas, kelembaban, dan getaran. Anda dapat menggunakan baut atau sekrup untuk memasang unit dasar pada permukaan yang rata dan kokoh. Pastikan Anda memasang unit dasar dengan arah yang benar, yaitu dengan konektor di bagian belakang.
  • Untuk menghubungkan layar dan unit dasar, Anda perlu menggunakan kabel layar yang disertakan dalam paket penjualan. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Display” ke konektor layar yang ada di bagian belakang layar. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Base” ke konektor layar yang ada di bagian belakang unit dasar. Pastikan Anda mengunci kedua ujung kabel dengan memutar ring pengunci searah jarum jam.
  • Untuk menghubungkan GPS chartplotter dengan sumber daya, Anda perlu menggunakan kabel daya yang disertakan dalam paket penjualan. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Power” ke konektor daya yang ada di bagian belakang unit dasar. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Battery” ke sumber daya 12 V DC yang ada di kapal Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada di manual pengguna untuk menghubungkan kabel daya dengan benar dan aman.
  • Untuk menghubungkan GPS chartplotter dengan antena, Anda perlu menggunakan kabel antena yang sesuai dengan spesifikasi GPS chartplotter. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Antenna” ke konektor antena yang ada di bagian belakang unit dasar. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Antenna Base” ke antena GPS yang ada di kapal Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada di manual pengguna untuk memilih, memasang, dan menghubungkan antena dengan benar dan optimal.
  • Untuk menghubungkan GPS chartplotter dengan transducer, Anda perlu menggunakan kabel transducer yang sesuai dengan spesifikasi GPS chartplotter dan transducer. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Transducer” ke konektor transducer yang ada di bagian belakang unit dasar. Anda dapat menghubungkan ujung kabel yang berlabel “Transducer Base” ke transducer yang ada di kapal Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang ada di manual pengguna untuk memilih, memasang, dan menghubungkan transducer dengan benar dan optimal.

2. Menyalakan dan Mematikan GPS Chartplotter

Untuk menyalakan GPS chartplotter, Anda perlu menekan dan menahan tombol power yang ada di bagian atas layar. Tahan tombol ini selama beberapa detik sampai layar menyala. Untuk mematikan GPS chartplotter, Anda perlu menekan dan menahan tombol power lagi sampai muncul pilihan untuk mematikan GPS chartplotter. Pilih Yes untuk mematikan GPS chartplotter.

3. Mengatur Bahasa, Waktu, dan Lokasi

Setelah menyalakan GPS chartplotter, Anda akan diminta untuk mengatur bahasa, waktu, dan lokasi yang Anda gunakan. Anda dapat menggunakan layar sentuh untuk memilih opsi yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengubah pengaturan ini kapan saja melalui menu Settings.

  • Untuk mengatur bahasa, pilih Language, lalu pilih bahasa yang Anda inginkan.
  • Untuk mengatur waktu, pilih Time, lalu pilih zona waktu, format waktu, dan sumber waktu yang Anda inginkan.
  • Untuk mengatur lokasi, pilih Location, lalu pilih sistem koordinat dan datum yang Anda inginkan.

4. Mendapatkan Sinyal Satelit

Untuk dapat menggunakan GPS chartplotter dengan akurat, Anda perlu mendapatkan sinyal satelit yang kuat. Pastikan Anda berada di tempat yang luas dan terbuka, tanpa halangan seperti gedung, pohon, atau awan. Jika Anda menggunakan antena eksternal, pastikan Anda memasangnya dengan benar.

Untuk melihat status sinyal satelit, tekan tombol power sekali untuk membuka menu Quick Access. Pilih Satellite, lalu lihat indikator sinyal yang ada di layar. Jika indikator berwarna hijau, berarti Anda sudah mendapatkan sinyal satelit yang baik. Jika indikator berwarna merah, berarti Anda perlu mencari tempat yang lebih baik untuk mendapatkan sinyal satelit.

Baca Juga: Cara Penggunaan Garmin EchoMAP Plus 65cv GT20-TM Bagi Pemula

5. Menggunakan Fitur GPS

GPS chartplotter Garmin GPSMAP 1233xcv memiliki fitur GPS yang dapat membantu Anda dalam berbagai aktivitas di laut, seperti berlayar, memancing, atau menjelajah. Anda dapat menggunakan fitur ini dengan cara sebagai berikut.

  • Untuk melihat gambaran peta, pilih Chart, lalu pilih jenis peta yang Anda inginkan. Anda dapat memilih peta dasar, peta detail, atau peta satelit. Anda juga dapat memilih mode split screen untuk melihat dua jenis peta sekaligus. Anda dapat menggunakan layar sentuh untuk mengatur skala, zoom, dan orientasi peta. Anda juga dapat menggunakan tombol softkey untuk mengubah pengaturan peta lainnya, seperti warna, lapisan, atau simbol.
  • Untuk melihat gambaran kompas, pilih Compass, lalu lihat indikator arah yang ada di layar. Anda dapat menggunakan layar sentuh untuk mengatur skala, zoom, dan mode kompas. Anda juga dapat menggunakan tombol softkey untuk mengubah pengaturan kompas lainnya, seperti tampilan, data, atau kalibrasi.
  • Untuk melihat gambaran altimeter, pilih Altimeter, lalu lihat indikator ketinggian yang ada di layar. Anda dapat menggunakan layar sentuh untuk mengatur skala, zoom, dan mode altimeter. Anda juga dapat menggunakan tombol softkey untuk mengubah pengaturan altimeter lainnya, seperti profil, data, atau kalibrasi.
  • Untuk menentukan waypoint, pilih Waypoint, lalu pilih lokasi yang Anda inginkan. Anda dapat menentukan lokasi dengan menggunakan layar sentuh, tombol panah, atau koordinat. Anda juga dapat memberi nama, simbol, dan warna pada waypoint Anda. Anda dapat menyimpan, mengedit, atau menghapus waypoint Anda dengan menggunakan tombol softkey.
  • Untuk membuat rute, pilih Route, lalu pilih waypoint yang Anda inginkan. Anda dapat menambahkan, mengurangi, atau mengubah urutan waypoint Anda dengan menggunakan layar sentuh atau tombol softkey. Anda juga dapat memberi nama, warna, dan aktivasi pada rute Anda. Anda dapat menyimpan, mengedit, atau menghapus rute Anda dengan menggunakan tombol softkey.
  • Untuk melacak perjalanan Anda, pilih Track, lalu pilih Start Recording. Anda dapat melihat jejak perjalanan Anda pada peta dengan warna yang berbeda sesuai dengan kecepatan Anda. Anda juga dapat mengatur interval, warna, dan aktivasi pada jejak Anda. Anda dapat menyimpan, mengedit, atau menghapus jejak Anda dengan menggunakan tombol softkey.

Itulah cara menggunakan fitur GPS dari GPS chartplotter Garmin GPSMAP 1233xcv. Kami harap Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan baik untuk berlayar, memancing, atau menjelajah di laut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

X
Open chat
1
Scan the code
Halo,
Kami siap membantu Anda :)